Tapak Tilas Persembunyian Pangeran Diponegoro di Goa Selarong Bantul

Tapak Tilas Persembunyian Pangeran Diponegoro di Goa Selarong Bantul

Posted on

Kabupaten Bantul menjadi salah satu kabupaten di Yogyakarta yang menyimpan pesona keindahan. Selain pantai di kabupaten ini juga terdapat beberapa destinasi lain seperti Goa, nah salah satunya adalah Goa Selarong Bantul. Goa ini dikenal sebagai benteng yang menjadi lokasi persembuyian dari Pangeran Diponegoro dan pasukannya.

Oleh karena itu tak mengherankan jika di Gapura dari Goa Selarong Bantul terdapat patung Pangeran Diponegoro. Patung tersebut memperlihatkan Pangeran dengan menggunakan jubah hitam dan tengah menaiki seekor kuda. Patung ini dijadikan sebagai simbol dari bagaimana perjuangan serta keberanian dari seorang Pangeran Diponegoro ketika berjuang melawan tentara Belanda. Selain patung yang diletakkan pada bagian gapura masih ada patung lain yang di letakkan di dekat tempat parkir, untuk patung ini sendiri Pangeran Diponegoro menggunakan jubah putih.

Tapak Tilas Persembunyian Pangeran Diponegoro di Goa Selarong Bantul

Lokasi dan Rute Goa Selarong Bantul

Goa Selarong Bantul terletak di Desa Waktu Gedug, Gurwosari, Pajangan, lokasi ini cukup terjangkau sehingga kamu yang pertama kali kesana tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Untuk menuju lokasi ini jika kamu berasal dari pusat kota maka bisa mengambil rute ke timur menuju ke daerah bantul. Kamu hanya perlu menempuh jarak sekitar 12,7 km untuk bisa sampai ke lokasi ini, biasanya jarak ini akan bisa di tempuh dalam waktu 30 menit hingga 1 jam saja. Untuk menuju ke lokasi wisata ini maka kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga menggunakan jasa rental mobil Jogja dan Paket Wisata Jogja supaya tidak capek dan lebih nyaman.

Daya Tarik Goa Selarong Bantul

Selain bisa menyaksikan bagaimana tempat persembunyian Pangeran Diponegoro maka di Goa yang berada di perbukitan kapur ini kamu juga bisa sekalian menikmati keindahan alamnya. Goa Selarong Bantul berada di ketinggian sekitar 35 meter, di sekitarnya terdapat pepohonan yang tumbuh dengan cukup lebat sehingga suasana menjadi rindang.

Untuk bisa sampai ke lokasi ini Goa maka kamu memerlukan usaha yang ekstra mengingat lokasinya yang cukup curam. Kamu perlu menuruni sekitar 400 meter dari pintu masuk dengan berjalan menyusuri anak tangga. Goa ini memiliki bentuk seperti bukit batu dengan memiliki 2 buah lubang, jika dilihat dari luar maka tidak akan nampak sebuah Goa di dalamnya.

Itulah mengapa lokasi ini dijadikan sebagai tempat untuk menyusun strategi perang gerilya oleh Pangeran Diponegoro. Menariknya di Goa ini juga terdapat sebuah air terjun yang berada di dekatnya, namun pemandangan keindahan air terjun hanya akan bisa kamu temui ketika berkunjung kesini pada saat musim hujan saja.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk yang diterapkan di lokasi wisata ini sangatlah terjangkau yaitu sebesar 3 ribu rupiah per orang. Harga tersebut tentu sangat murah jika dibandingkan dengan keindahan alamnya yang ditawarkan. Untuk biaya parkir ketika membawa kendaraan roda dua maka kamu akan dikenakan sebesar 2 ribu rupiah , sedangkan untuk roda empat maka perlu membayar 5 ribu.

Fasilitas Goa Selarong

Tempat wisata ini sudah dikelola dengan cukup baik sehingga fasilitas yang ada pun sudah cukup memadai. Fasilitas yang disediakan mulai dari toilet, tempat ibadah, sarana bermain, pendopo, areka perkemahan dan juga lahan parkir yang luas.

Nah itulah informasi mengenai Goa Selarong Bantul yang dijadikan sebagai salah satu tempat persembunyian Pangeran Diponegoro. Tertarik untuk mengunjunginya ? kamu bisa mengajak serta keluarga tercinta maupun rekan untuk berkunjung sekaligus menyusuri jejak sejarah yang ada disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *